Jampidsus Kejaksaan Agung Dapatkan Anugerah Predikat WTP oleh Presiden RI

Jampidsus Kejaksaan Agung Dapatkan Anugerah Predikat WTP oleh Presiden RI

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Penganugerahan diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo More »

Hasil Munas Setia Untung Jabat Ketum PJI, Jaksa Agung Ajak Kawal Pemilu 2019

Hasil Munas Setia Untung Jabat Ketum PJI, Jaksa Agung Ajak Kawal Pemilu 2019

BALI-JurnalCakrawala.com. Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan peran Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) sangat menentukan dalam upaya mencapai tujuan penegakan hukum yang baik dan benar sehingga menjadi dambaan masyarakat. Dalam Musyawarah Nasional PJI, Setia More »

Ubah Kinerja Kejaksaan, Setia Untung Cetuskan Gerakan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bebas Korupsi

Ubah Kinerja Kejaksaan, Setia Untung Cetuskan Gerakan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bebas Korupsi

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan akan terus berinovasi sebagai zona Integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Menyusul lolosnya Badiklat atas evaluasi tahap akhir Zona Integritas More »

Forum Koordinasi Protokoler MPR RI Bangun Sinergitas Protokoler Lembaga Negara Dan Kementerian

Forum Koordinasi Protokoler MPR RI Bangun Sinergitas Protokoler Lembaga Negara Dan Kementerian

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono mengucapkan selamat datang kepada 125 protokoler yang datang dari berbagai lembaga negara, kementerian, instansi non-kementerian, dan pemerintah daerah. “Selamat datang di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Komplek More »

Kabadiklat Buka Diklat Terpadu Untuk Antisipasi Narkoba Bersarang di Indonesia

Kabadiklat Buka Diklat Terpadu Untuk Antisipasi Narkoba Bersarang di Indonesia

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kejahatan narkotika salah satu transnasional organized crime dan bersifat lintas negara yang dalam penangannya memerlukan kerjasama antara sesama penegak hukum. Demikian disampaikan Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI Setia More »

 

Reskrim Polres Bogor Bekuk Pelaku Kasus Pengoplosan Gas LPG di Cileungsi

BOGOR–JurnalCakrawala.com.

Sat Reskrim Polres Bogor adakan Konferensi Pers pengungkapan kasus Pengoplosan gas LPG dari tabung LPG 3 kg (bersubsidi) ke dalam tabung gas LPG 12 Kg serta 50 kg (non subsidi) yang terjadi di Kampung Garapan Babakan, Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Modus Operandi yaitu Pelaku Usaha melakukan kegiatan memindahkan / menyuntikan gas LPG dari tabung LPG 3 Kg (bersubsidi) ke dalam tabung gas LPG 12 Kg serta 50 kg (non subsidi) dengan mempergunakan alat berupa pipa besi yang dipungsikan sebagai regulator.

“Selanjutnya gas LPG 12 kg dan 50 kg yang merupakan hasil dari kegiatan penyuntikan tersebut dipasarkan ke toko dan warung disekitaran wilayah Cileungsi dan Bekasi,” demikian disampaikan Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch. Dicky saat konferensi pers dengan awak media di Mako Polres Bogor, Rabu (5/9/2018).

Adapun pelaku sebanyak 3 orang berinisial MP (42) tahun, warga Cileungsi, ED (28) tahun, warga Periuk Tangerang dan HR (37) tahun, warga Cileungsi beserta barang bukti yang diamankan berupa: 4 unit mobil pick up, 550 buah tabung gas LPG 3 kg. (Isi), 200 buah tabung gas LPG 3 kg. (kosong), 70 buah tabung gas LPG 12 kg. (kosong), 12 buah tabung gas LPG 50 kg (kosong), 11 buah tabung gas LPG 50 kg. (isi), 29 buah pipa besi yang difungsikan sebagai regulator dan 1 buah bok yang berisikan segel tabung gas LPG serta 1 buah timbangan.

Kronologis kejadian, menurut keterangan Kapolres Bogor, pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2018 lalu, berdasarkan hasil penyilidikan Sat Reskrim Polres Bogor tentang adanya indikasi kegiatan memindahkan atau penyuntikan gas LPG yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.

“Kemudian Sat Reskrim Polres Bogor mendatangi sebuah tempat berupa bangunan yang berlokasi di Kampung Garapan Babakan Desa Dayeuh Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor dimana sedang berlangsungnya kegiatan penyuntikan gas LPG yakni memindahkan isi tabung gas ukuran 3 Kg bersubidi ke dalam tabung gas ukuran 12 Kg dan 50 Kg Non Subsidi dengan menggunakan alat berupa pipa besi untuk mengalirkan/mengantarkan/memindahkan isi dari gas LPG tersebut,” paparnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Beni Cahyadi, SH menerangkan, dari kasus ini menimbulkan kerugian bagi masyarakat pengguna gas dikarenakan secara takaran pastinya sudah berkurang, baik dari segi kuantitas maupun kualitas meski harga sesuai dengan pasar.

“Untuk itu disarankan kepada masyarakat khususnya para konsumen gas agar dapat membeli gas ditempat-tempat yang notebene nya sudah dilegalkan,” ujar Kasat Reskrim.

Lebih lanjut, Kasat Reskrim mengatakan, dari kasus ini, kedepan kita akan koordinasikan dengan Hiswana Migas karena memang dalam wadah mereka dan akan kita check legalitas perizinannya termasuk secara yuridis teknis dalam pengoperasian mulai dari pendistribusian sampai pengoperasian.

“Masyarakat dihimbau mohon lebih aktif memberikan informasi apabila ada indikasi pengoplosan dan lebih kritis apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan khususnya terkait masalah gas,” pungkas AKP Beni Cahyadi, SH.

Para pelaku ditangkap saat sedang melakukan kegiatan penyuntikan gas LPG. Kemudian guna proses pemeriksaan lebih lanjut, para pelaku berikut barang bukti diamankan dan bawa ke Polres Bogor.

Pelaku dikenakan Pasal 62 Ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) hurup b dan c UU RI No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, dan/atau Pasal 32 Ayat (2) Jo Pasal 30 UU RI No 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi legal, dengan ancaman pidana kurungan maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 2 Milyar Rupiah.(Red/lkt/sumber: Humas Polres Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *