Perlunya Peningkatan Akses Informasi dan Telekomunikasi Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal

Perlunya Peningkatan Akses Informasi dan Telekomunikasi Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal

JAKARTA-JurnalCakrawala.com Rapat Koordinasi Finalisasi dan Pelaporan dengan tema “Optimalisasi Jaringan Informasi dan Telekomunikasi di Daerah Tertinggal”, diselenggarakan Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana, Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, serta mengundang pihak BAPPENAS, BAKTI, dan More »

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Peduli Galang Donasi Sulteng

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Peduli Galang Donasi Sulteng

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya mendorong Yayasan Garuda Nusantara, Rumah Balada Indonesia, Sekolah Musik Vidi Vici, dan IWO (Ikatan Wartawan Online) tergerak untuk More »

Laporkan Korupsi Dapat Hadiah 200 Juta, Jampidsus: Tunggu Anggaran Pemerintah

Laporkan Korupsi Dapat Hadiah 200 Juta, Jampidsus: Tunggu Anggaran Pemerintah

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kejaksaan Agung siap melaksanakan apa yang telah diatur oleh pemerintah terkait pemberian kompensasi bagi masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum akan adanya korupsi maksimal Rp.200 juta. Meski demikian semua diatur More »

Bakamla RI Jalin Sinergitas Dengan Badiklat Kejagung

Bakamla RI Jalin Sinergitas Dengan Badiklat Kejagung

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI menyambut baik kunjungan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk menjalin kerjasama dan sinergitas dibidang penegakan hukum. Kepala Badan Diklat Kejagung Setia Untung Arimuladi mengapresiasi More »

Pertemuan Bilateral Kejaksaan RI dan Kejaksaan Saint Petersburg

Pertemuan Bilateral Kejaksaan RI dan Kejaksaan Saint Petersburg

JurnalCakrawala.com. Kepala Kejaksaan Saint Petersberg Litvinenko Sergey Ivanovich turut berduka atas bencana gempa bumi dan tsunami yang menewaskan ribuan jiwa di Indonesia. Namun ungkapan belasungkawa itu tidak mengurangi rasa senangnya atas kunjungan More »

 

Rencana Pilot Project Bahas Bantuan Mesin Air Bersih di Daerah Tertinggal

Jakarta-JurnalCakrawala.com.

Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana (Ditsarpras) Direktorat Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT ) mendapat kunjungan dari Veragon Indonesia (produsen mesin air asal inggris), dalam rangka mengkoordinasikan rencana pilot project bantuan mesin air bersihdi daerah tertinggal melalui Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendesa PDTT), Senin (16/04)

Kunjungan koordinasi tersebut yang diprakarsai oleh staf khusus Kemendesa PDTT Indra, dihadiri oleh empat orang perwakilan dari Veragon Indonesia , Direktur Sarpras Ditjen PDT dan beberapa orang staff bertempat di lantai 5 Ditjen PDT, pkl.13.00 bertempat di Jl. Kalibata Jakarta Selatan.

“Diharapkan dengan bantuan mesin air bersih ini, masyarakat daerah tertinggal dapat menikmati air bersih siap saji dan gratis, dimana pengelolaannya diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa ( BUMdes ) tempat mesin ini beroperasi”, ungkap Indra.
Proses pengolahan air bersih yang dipersiapkan Veragon Indonesia dibuat untuk kapasitas 1000ltr/hari sesuai dengan standar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa ( PBB).

Hasil uji mesin yang telah dilakukan di jakarta, mampu menghasilkan 876ltr/hari, jika per orang membutuhkan 2ltr/hari maka ada 400 orang /hari yang terlayani.

“Idealnya pemilihan lokasi harus memiliki tempat wisata agar menjadi daya tarik kunjungan wisata domestik dan mancanegara ” ujar Made, selaku juru bicara Vergon Indonesia.

Made menambahkan, ” pemeliharaan dengan cara penggantian Cartridge dilakukan sampai dengan 3 tahun, mesin ini dapat ditempatkan dimana saja di Indonesia walaupun dengan ti gkat kelembaban tinggi “.

Mesin yang telah di uji coba oleh PT Superintending Company of Indonesia ( SUCOFINDO), yang mana hasilnya sama dengan air mineral dalam kemasan dengan kandungan Bakteri E-coli 0 dan PH 7”.

“Harus ada sosialisasi dan pembelajaran kepada pengelola BUMdes, cara pengelolaan dan pemeliharaannya, service after salesnya harus jelas, jika tidak kita akan stop ” tutur Indra, selaku staff khusus Kemendesa PDTT, ia juga berharap DitSarpras PDT DitJen PDTT meng inventarisir daerah mana saja yang membutuhkan air bersih, lokasi penempatan mesin dan ketersediaan listrik menjadi syarat mutlak.

Direktur Peningkatan Sarana dan Prasarana DitJen PDTT, Agus Kuncoro pada saat yang sama juga mengucapkan terima kasihnya kepada Indra selaku staf khusus Kemendesa PDTT serta Made selaku perwakilan Veragon Indonesia yang telah memfasilitasi pilot project ini, yang tentunya sangat berguna untuk daerah tertinggal khususnya daerah pariwisata.

(Nuriman/A. Muchlis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *