Danlanud RHF: Operasi Tangkis Petir Jaga Wilayah NKRI Terbebas dari Pelanggaran

Danlanud RHF: Operasi Tangkis Petir Jaga Wilayah NKRI Terbebas dari Pelanggaran

BATAM-JurnalCakrawala.com. Pangkalan Udara (Lanud) Bandara Hang Nadim Batam, pada hari Minggu (4/11/2018) mendadak ramai di kunjungi warga Batam Kepri, mereka datang mulai dari siswa-siswi sekolah penerbangan, anak-anak sekolah dasar hingga keluarga, bahkan More »

Pangkoopsau Lantik Dua Danlanud, Salah Satunya Danlanud RHF Tanjungpinang

Pangkoopsau Lantik Dua Danlanud, Salah Satunya Danlanud RHF Tanjungpinang

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Pangkoopsau I, Marsda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P melantik dua Komandan Lanud jajaran Koopsau I secara bersamaan yang bertempat di gedung Roesmin Nurjadin, Makoopsau I, Jakarta (9/1). Kedua pejabat yang baru More »

Dana Dekonsentrasi Turun, Kejaksaan RI Lakukan Pengawalan Dana Transmigrasi dan Desa

Dana Dekonsentrasi Turun, Kejaksaan RI Lakukan Pengawalan Dana Transmigrasi dan Desa

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Bidang Intelijen (Jamintel) terus mengawal penerimaan dana Dekonsentrasi dan Pembantuan bidang transmigrasi tahun 2019 sejumlah 100 satuan kerja dibawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi More »

Direktur B Jamintel Minta Kajari Kabupaten Bogor Pantau Sekte Shinsei Bukkyo

Direktur B Jamintel Minta Kajari Kabupaten Bogor Pantau Sekte Shinsei Bukkyo

  JAKARTA-JurnalCakrawala.com.   Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Muda Intelijen dibawah kendali Direktur Sosial Budaya dan Kemasyarakatan atau Direktur B, melakukan tindak lanjut terkait kasus munculnya aliran kepercayaan baru yakni Shinsei Bukkyo More »

Prasetyo Imbau  Kejaksaan Jadi Zona Integritas Juga Jadi Agen Perubahan

Prasetyo Imbau  Kejaksaan Jadi Zona Integritas Juga Jadi Agen Perubahan

  JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Pelatihan agen perubahan tahun 2018 sangat penting dan strategis lantaran pelatihan ini momentum bagi Kejaksaan mengingat masih banyaknya kekurangan yang harus dibenahi dan disempurnakan. Karena itu pelatihan agen perubahan ini More »

 

Peringati Sumpah Pemuda, Korem 061/Sk Gelar Kemah Kebhinekaan Bersama Elemen Masyarakat

BOGOR-JurnalCakrawala.com.

Bertempat di Telaga Saat, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Korem 061/Sk selama dua hari dari tanggal 27-28 Oktober 2018 mengadakan Kemah Kebhinekaan sebagai Manifestasi Sumpah Pemuda 1928. (Sabtu, 27/10/2018)

Untuk kali pertama, Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Kolonel Inf Mohamad Hasan, mengadakan kegiatan berkemah bersama elemen masyarakat Kota dan Kabupaten Bogor dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke 90 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018.

Kegiatan yang diberi nama “Kemah Kebhinekaan” ini, dilangsungkan selama dua hari satu malam, Sabtu-Minggu, 27-28 Oktober 2018 di Telaga Saat (titik nol Sungai Ciliwung) Cisarua, Kabupaten Bogor, dan akan diikuti oleh 320 orang dari berbagai unsur dan elemen masyarakat.

Danrem 061/Sk Kol Inf Mohamad Hasan menyampaikan, kegiatan ini ditujukan dalam rangka menyambut sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2018.

“Yang ingin kita tunjukkan disini, meskipun dari latar belakang suku, agama, kelompok, organisasi yang berbeda-beda namun kita bisa bersatu, ini menunjukkan bahwa kebhinnekaan bukan sebagai pembeda atau pemisah tapi sebagai alat pemersatu bangsa,” kata Danrem saat membuka kegiatan.

Danrem menerangkan, dalam sistem pertahanan semesta yang digunakan oleh bangsa Indonesia, TNI merupakan komponen utama pertahanan yang menjadi tumpuan. Konsekuensi dari hal tersebut adalah TNI harus selalu melakukan upaya untuk mensinergitaskan seluruh komponen pertahanan (utama, cadangan, dan pendukung). Upaya yang sangat efektif dan efisien untuk mensinergitaskan sekaligus mewujudkan kekuatan ruang, alat dan kondisi juang adalah pembinaan teritorial, dimana kegiatan kemah ini merupakan salah satunya.

“Tanggal 28 Oktober 1928 yang sering kita peringati sebagai hari Sumpah Pemuda mempunyai arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sebab peristiwa itu, merupakan perjuangan yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa demi tercapainya cita-cita bangsa menuju Indonesia merdeka,” terangnya.

“Berlatarbelakang hal itu, melalui kegiatan kemah kebhinekaan sebagai manifestasi Sumpah Pemuda 1928-2018, saya mengajak semua unsur dan elemen masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Sumpah Pemuda 1928,” ajak Danrem diakhir sambutannya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti game fun/outbond, penanaman pohon, pemberian materi wawasan kebangsaan, diskusi, pentas seni, api unggun, ikrar fakta integritas dan aksi bebersih.

Adapun sejumlah elemen yang ikut dalam acara ini yaitu; tokoh masyarakat dan tokoh pemuda GP Ansor, Muhamadiah, LDII, NU, BASOLIA, PERSIS, organisasi pemuda Kristen Protestan, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Khonguchu, Ormas FKPPI, PPM. BBRP, PP, PWRI, MENWA, Budayawan dan relawan pegiat alam sekota dan kabupaten Bogor. (Her/ddh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *