Perlunya Peningkatan Akses Informasi dan Telekomunikasi Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal

Perlunya Peningkatan Akses Informasi dan Telekomunikasi Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal

JAKARTA-JurnalCakrawala.com Rapat Koordinasi Finalisasi dan Pelaporan dengan tema “Optimalisasi Jaringan Informasi dan Telekomunikasi di Daerah Tertinggal”, diselenggarakan Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana, Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, serta mengundang pihak BAPPENAS, BAKTI, dan More »

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Peduli Galang Donasi Sulteng

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Peduli Galang Donasi Sulteng

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya mendorong Yayasan Garuda Nusantara, Rumah Balada Indonesia, Sekolah Musik Vidi Vici, dan IWO (Ikatan Wartawan Online) tergerak untuk More »

Laporkan Korupsi Dapat Hadiah 200 Juta, Jampidsus: Tunggu Anggaran Pemerintah

Laporkan Korupsi Dapat Hadiah 200 Juta, Jampidsus: Tunggu Anggaran Pemerintah

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kejaksaan Agung siap melaksanakan apa yang telah diatur oleh pemerintah terkait pemberian kompensasi bagi masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum akan adanya korupsi maksimal Rp.200 juta. Meski demikian semua diatur More »

Bakamla RI Jalin Sinergitas Dengan Badiklat Kejagung

Bakamla RI Jalin Sinergitas Dengan Badiklat Kejagung

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI menyambut baik kunjungan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk menjalin kerjasama dan sinergitas dibidang penegakan hukum. Kepala Badan Diklat Kejagung Setia Untung Arimuladi mengapresiasi More »

Pertemuan Bilateral Kejaksaan RI dan Kejaksaan Saint Petersburg

Pertemuan Bilateral Kejaksaan RI dan Kejaksaan Saint Petersburg

JurnalCakrawala.com. Kepala Kejaksaan Saint Petersberg Litvinenko Sergey Ivanovich turut berduka atas bencana gempa bumi dan tsunami yang menewaskan ribuan jiwa di Indonesia. Namun ungkapan belasungkawa itu tidak mengurangi rasa senangnya atas kunjungan More »

 

Kunjungan Dinas PUPR Kota Cimahi ke IPAL IDB Sukaresmi Kota Bogor

BOGOR-JurnalCakrawala.com.

Rombongan Instansi Dinas PUPR Kota Cimahi melakukan kunjungan kerja ke lokasi berdirinya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sanitasi berbasis Masyarakat (Sanimas) di Rw 04 dan 02 Kelurahan Sukaresmi Kota Bogor, Selasa (07/08/2018).

Dalam kunjungannya Kasie Air Limbah PUPR Kota Cimahi, Nining mengungkapkan silaturahminya bertujuan agar pembangunan IPAL di wilayah Cimahi dapat berjalan dengan baik.

“Studi ini dilakukan karena Cimahi akan melakukan program IDB dalam waktu dekat dan mengambil pembelajaran dari BKM Sukaresmi, apa saja yang harus dilakukan agar IPAL berkelanjutan manfaatnya”, ungkapnya.

Lebih lanjut Rina Hapsari Kasie di PUPR Kota Bogor menjelaskan, “karena Sukaresmi ini termasuk salah satu juara penghargaan Sanimas tingkat Kota Bogor, maka kota Cimahi ingin melakukan studi banding agar ipal nantinya dapat bermanfaat dan berkelanjutan”, ungkapnya.


Eniek Mustika, Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Bangun Karya Sukaresmi yang menjelaskan, proses tahapan dari mulai penguatan masyarakat hingga keberlanjutan setelah IPAL berdiri.

“Tugas utama sebagai motor penggerak adalah BKM yang memobilisasi dan melakukan kemitraan dengan KSM, KPP dan pihak-pihak terkait”, ungkapnya.

“Membangun Ipal itu mudah, keberlanjutan ipal adalah tanggung jawab moril sampai KPP mandiri, karena tugas utama BKM adalah pemberdayaan masyarakat”, tambahnya.

Sesi kunjungan tersebut juga adanya tanya jawab dan berbagi pengalaman dalam membangun dan menjaga keberlangsungan IPAL. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kelurahan Sukaresmi, Bhabinkamtibmas, Ketua RW, RT dan masyarakat pemanfaat. (BroDin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *