Hasil Munas Setia Untung Jabat Ketum PJI, Jaksa Agung Ajak Kawal Pemilu 2019

Hasil Munas Setia Untung Jabat Ketum PJI, Jaksa Agung Ajak Kawal Pemilu 2019

BALI-JurnalCakrawala.com. Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan peran Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) sangat menentukan dalam upaya mencapai tujuan penegakan hukum yang baik dan benar sehingga menjadi dambaan masyarakat. Dalam Musyawarah Nasional PJI, Setia More »

Ubah Kinerja Kejaksaan, Setia Untung Cetuskan Gerakan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bebas Korupsi

Ubah Kinerja Kejaksaan, Setia Untung Cetuskan Gerakan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bebas Korupsi

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan akan terus berinovasi sebagai zona Integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Menyusul lolosnya Badiklat atas evaluasi tahap akhir Zona Integritas More »

Forum Koordinasi Protokoler MPR RI Bangun Sinergitas Protokoler Lembaga Negara Dan Kementerian

Forum Koordinasi Protokoler MPR RI Bangun Sinergitas Protokoler Lembaga Negara Dan Kementerian

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono mengucapkan selamat datang kepada 125 protokoler yang datang dari berbagai lembaga negara, kementerian, instansi non-kementerian, dan pemerintah daerah. “Selamat datang di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Komplek More »

Kabadiklat Buka Diklat Terpadu Untuk Antisipasi Narkoba Bersarang di Indonesia

Kabadiklat Buka Diklat Terpadu Untuk Antisipasi Narkoba Bersarang di Indonesia

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kejahatan narkotika salah satu transnasional organized crime dan bersifat lintas negara yang dalam penangannya memerlukan kerjasama antara sesama penegak hukum. Demikian disampaikan Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI Setia More »

Plt. Kepala BPIP Akui Film Semi Dokumenter ‘Tiga Patung’ Bagus dan Inspiratif

Plt. Kepala BPIP Akui Film Semi Dokumenter ‘Tiga Patung’ Bagus dan Inspiratif

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Hariyono mengapresiasi atas film dokumenter berjudul Tiga Patung karya sutradara Erlan Basri tersebut, karya ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari More »

 

Korem 061/Sk Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi

BOGOR-JurnalCakrawala.com.

Pencegahan korupsi di lingkungan Korem 061/Sk, dilakukan penandatanganan bersama Pakta Integritas Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula Suryakancana Korem 061/Sk, Jl. Merdeka No. 64 Kota Bogor, Senin (03/12/18).

Kegiatan ini, dihadiri oleh Dandim jajaran Korem 061/Sk, Danyonif 315/Grd, Dan/Ka Balai Aju Korem 061/Sk, perwakilan KPPN Bogor dan Depok, perwakilan Departemen Keuangan dan anggota Korem 061/Sk.

Kasrem 061/Sk Letkol Kav Eko Saptono mewakili Komandan Korem 061/Sk, Kolonel Inf Mohamad Hasan mengatakan, program pencegahan korupsi yang telah ditetapkan harus diimplementasikan serta difokuskan terhadap pembangunan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Pencanangan ini, melengkapi program reformasi birokrasi yang telah berjalan di lingkungan TNI AD sambil menunggu terbitnya revisi Peraturan KASAD Nomor 30 tahun 2017, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di lingkungan TNI AD.

“TNI AD telah menetapkan program reformasi birokrasi sebagai salah satu program prioritas. Reformasi birokrasi di lingkungan Korem 061/Sk ini, mendukung program jangka panjang menuju tata kelola pemerintahan yang bersih, bebas KKN, transparan, akuntabel, dan profesional,” ujar Kasrem.

Pencanangan itu, sambungnya, juga sejalan dengan program reformasi birokrasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui peraturan Menteri PAN-RB RI Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Kasrem menjelaskan, untuk mendukung program tersebut, telah diadakan penataran bagi personil yang akan menjabat sebagai pembuat laporan pertanggungjawaban keuangan.

“Kalau di tingkat Kodam itu, namanya Asisten Perencanaan (Asren) dan Inspektorat Kodam. Sedangkan di lingkungan Korem, ini bagiannya staf perencanaan yang tugasnya mengawasi dan membimbing dalam pelaksanaan perwabkuan ini. Jadi, sudah ada bagiannya di Korem,” jelas Kasrem.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Kasrem, harus mempunyai komitmen yang kuat dalam memenuhi sebagian besar program yaitu program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat kongret.

“Ini langkah awal dalam satuan kami untuk memulai transparansi masalah anggaran. Sehingga anggaran apapun dapat terserap dan digunakan sebagaimana mestinya. Adanya zona integritas ini, diharapkan institusi militer khususnya Korem 061/Sk tidak melakukan korupsi sekecil apapun dalam pelaksanaan pekerjaan dan menyatakan bahwa kami menolak segala bentuk korupsi,” tegasnya.

Sementara, Kasi Managemen Satuan Kerja dan Kepatuhan Internal KPPN Bogor, Agus Walfaizin mengatakan, zona Integritas WBK dan WBBM ini, sudah diterapkan di semua Kementerian dan Lembaga. Korem 061/Sk sendiri merupakan mitra kerja KPPN Bogor yang telah mencanangkan zona integritas.

Di acara ini, Agus mengatakan akan memberikan penjelasan terkait tatacara atau prosedur pencairan dana. Disitu akan dijelaskan mengenai persyaratan-persyaratan untuk dipenuhi. Jika tidak dipenuhi maka pencairan itu tidak bisa dilakukan dan berkasnya akan dikembalikan.

Kemudian untuk pengajuan anggaran dan pembayaran beban negara, itu nantinya akan dilakukan melalui KPPN Bogor.

“Sekarang ini, semua satuan kerja itu, ada penilaiannya masing-masing dan memiliki raport sendiri. Karena itu, indikator kerjanya akan kita bahas disini bersama-sama,” ungkapnya. (Red/Penrem 061/Sk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *