Perlunya Peningkatan Akses Informasi dan Telekomunikasi Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal

Perlunya Peningkatan Akses Informasi dan Telekomunikasi Percepat Pembangunan Daerah Tertinggal

JAKARTA-JurnalCakrawala.com Rapat Koordinasi Finalisasi dan Pelaporan dengan tema “Optimalisasi Jaringan Informasi dan Telekomunikasi di Daerah Tertinggal”, diselenggarakan Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana, Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, serta mengundang pihak BAPPENAS, BAKTI, dan More »

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Peduli Galang Donasi Sulteng

IWO bersama Ully Sigar dan Seniman Peduli Galang Donasi Sulteng

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Bencana tsunami yang melanda Sulawesi Tengah di Palu, Donggala, Sigi dan daerah-daerah sekitarnya mendorong Yayasan Garuda Nusantara, Rumah Balada Indonesia, Sekolah Musik Vidi Vici, dan IWO (Ikatan Wartawan Online) tergerak untuk More »

Laporkan Korupsi Dapat Hadiah 200 Juta, Jampidsus: Tunggu Anggaran Pemerintah

Laporkan Korupsi Dapat Hadiah 200 Juta, Jampidsus: Tunggu Anggaran Pemerintah

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kejaksaan Agung siap melaksanakan apa yang telah diatur oleh pemerintah terkait pemberian kompensasi bagi masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum akan adanya korupsi maksimal Rp.200 juta. Meski demikian semua diatur More »

Bakamla RI Jalin Sinergitas Dengan Badiklat Kejagung

Bakamla RI Jalin Sinergitas Dengan Badiklat Kejagung

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI menyambut baik kunjungan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk menjalin kerjasama dan sinergitas dibidang penegakan hukum. Kepala Badan Diklat Kejagung Setia Untung Arimuladi mengapresiasi More »

Pertemuan Bilateral Kejaksaan RI dan Kejaksaan Saint Petersburg

Pertemuan Bilateral Kejaksaan RI dan Kejaksaan Saint Petersburg

JurnalCakrawala.com. Kepala Kejaksaan Saint Petersberg Litvinenko Sergey Ivanovich turut berduka atas bencana gempa bumi dan tsunami yang menewaskan ribuan jiwa di Indonesia. Namun ungkapan belasungkawa itu tidak mengurangi rasa senangnya atas kunjungan More »

 

Kerjasama BAPPENDA dengan BPN Dalam Upaya Optimalisasi Pengelolaan BPHTB di Kabupaten Bogor

KAB.BOGOR-JurnalCakrawala.com

Pesatnya pembangunan di Kabupaten Bogor salah satunya mendorong tingkat peralihan kepemilikan hak atas tanah. Hal tersebut tentu menjadi potensi dalam peningkatan pajak daerah khususnya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Selama kurun waktu lima tahun, pengelolaan BPHTB Kabupaten Bogor telah menggunakan sistem secara online.

Namun sistem tersebut masih memerlukan penyempurnaan, khususnya terkait dengan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses administrasi pertanahan.

Sehingga untuk memenuhi kekurangan persyaratan administrasi pertanahan tersebut, mengharuskan BAPPENDA Kabupaten Bogor membuka loket pemeriksaan ulang Surat Setoran Pajak Daerah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (SSPD BPHTB) di kantor BPN.

Hal tersebut menyebabkan proses pengelolaan BPHTB masih belum maksimal.

BPN sebagai mitra BAPPENDA Kabupaten Bogor menawarkan sistem yang terintegrasi antara BPHTB Online dan sistem penerimaan berkas PUSDATIN BPN. Apabila sistem tersebut terintegrasi tidak perlu lagi diadakannya pemeriksaan manual di BPN.

Sistem ini akan otomatis mengunci aplikasi BPN apabila BPHTB atau kewajiban lainnya belum terpenuhi oleh wajib pajak.

Dari hasil audensi PUSDATIN BPN Kabupaten Bogor yang dilaksanakan pada hari Senin, 28 Mei 2018, dalam upaya meningkatkan optimalisasi pengelolaan BPHTB di Kabupaten Bogor, BAPPENDA Kabupaten Bogor setuju untuk mengintegrasikan sistem BPHTB Online dengan sistem penerimaan berkas PUSDATIN BPN. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, saat ini masih dilakukan tahap awal memproses kerjasama antara BAPPENDA Kabupaten Bogor dengan PUSDATIN BPN. (Red/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *