Jaksa Jaga Desa, Program Kejaksaan Optimalisasi Awasi Dana Desa

Jaksa Jaga Desa, Program Kejaksaan Optimalisasi Awasi Dana Desa

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Guna mengoptimalisasikan program 9 Nawacita Presiden Joko Widodo, dalam membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) dibawah More »

Razia Gabungan Geledah Narkoba di Rutan Depok

Razia Gabungan Geledah Narkoba di Rutan Depok

DEPOK-JurnalCakrawala.com. Peredaran narkotika di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan (rutan) gaungnya sangat meresahkan. Mengantisipasi beredarnya narkotika di Rumah Tahanan Negara klas IIB Depok, Kepala Rutan Depok beserta jajaran, petugas Badan Narkotika Nasional More »

Panglima TNI Resmikan KOOPSUS TNI

Panglima TNI Resmikan KOOPSUS TNI

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Upacara peresmian Komando Operasi Khusus TNI (KOOPSUS) berlangsung di Lapangan Upacara SATPAMWAL Denma Mabes TNI dengan Inspektur upacara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P., pada Selasa (30/7/2019). Tampak hadir dalam acara tersebut More »

Danlantamal IV Sambut Kedatangan Panglima TNI di Bandara Hang Nadim Batam

Danlantamal IV Sambut Kedatangan Panglima TNI di Bandara Hang Nadim Batam

BATAM-JurnalCakrawala.com. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menyambut kedatangan Pangliman TNI  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.,bertempat di Bandara Hang Nadim Batam Kepri, More »

Panglima TNI Dan Kapolri Kunjungi Kepri, Kapolri: Pulau Nipah Menjadi Sangat Penting

Panglima TNI Dan Kapolri Kunjungi Kepri, Kapolri: Pulau Nipah Menjadi Sangat Penting

BATAM-JurnalCakrawala.com. Kunjungan Kerja (Kunker) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP dan Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs H.M Tito Karnavian, M.A, Ph.D ke Polda Kepri dilaksanakan pada pukul 12.30 wib bertempat di More »

 

Panitia Perpustakaan Nasional RI Kunjungi Perpustakaan Cahaya Ilmu Mekar Baru Tangerang

TANGERANG-JurnalCakrawala.com.

Tim penilai perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dipimpin Drs. Bambang Supriyo Utomo, M. Lib. bersama Dr. Drs. Bakhtiar, M.Si. beserta rombongan melakukan kunjungan ke perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru Kecamatan Mekar Baru Kabupaten Tangerang, Senin (1/7/2019).

Kunjungan ini dilakukan, untuk meninjau sekaligus memberikan penilaian dan Pembinaan terhadap perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru yang sebelumnya sudah masuk 6 Besar klaster B.

Bambang selaku Ketua tim dewan juri Perpustakaan Nasional dalam keterangannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan adalah upaya Perpustakaan Nasional dalam memberikan penilaian sekaligus pembinaan bagi perpustakaan yang sebelumnya telah lolos 6 besar dalam setiap klaster.

Bambang berharap perpustakaan desa yang sudah lolos ke babak 6 besar ini dapat menjaga dan terus konsisten dalam pelaksanaan kegiatannya, karena akan menjadi barometer bagi perpustakaan desa yang lain.

“Semua perpustakaan yang lolos ke babak 6 besar ini sudah pasti dapat juara satu, tapi juara satu dari atas ataukah dari bawah, tentu kerja keraslah yang akan membedakannya” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa dari sekian banyak peserta, Perpustakaan Desa Mekar Baru adalah salah satu perpustakaan desa yang punya histori perjalanan cukup menarik karena berawal dari komunitas yang bergerak di Taman Bacaan, tidak seperti yang lain yang memang sejak awal dibangun untuk perpustakaan Desa. Tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Kementerian Dalam Negeri Dr. Drs. Bakhtiar, M.Si. Menuturkan bahwa, dirinya adalah salah satu orang yang punya pengalaman bekerja dari bawah, pernah menjadi kepala Desa di Sulawesi Selatan, tentu ia sudah memahami cara dan mekanisme kerja pemerintahan Desa.

“Kalau Desa ini sudah lolos ke babak 6 besar tingkat Nasional tentu hasil dari kerja keras dan kekompakan semua pihak, Masyarakat, Kepala Desa dan jajaran serta para pengurus dan pengelola Perpustakaan Desa itu sendiri” Katanya.

Ia memandang bahwa perpustakaan bukan lagi untuk orang yang sekolah saja, tapi bagi yang sudah tidak sekolah juga perpustakaan ini keberadaannya sangat penting peranannya dalam meningkatkan manfaat inklusi sosial.

“Masyarakat bisa diajak untuk membaca, karena lewat perpustakaan kita bisa belajar tentang apa saja, apakah itu pertanian, peternakan, budidaya perikanan dan untuk menunjang hal itu perlu disediakan buku yang relevan dengan kondisi geografi, sosial dan budaya Masyarakatnya” tuturnya.

Turut Hadir Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, Camat Mekar Baru, Ketua PGRI, Pengawas Pendidikan, Kepala Desa Mekar Baru, Kepala Desa Waliwis, PKK Kecamatan dan Desa Mekar Baru serta OKP Se-Kecamatan Mekar Baru. (Nash/abel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oo.. Gak Boleh Copas Bro !! ikuti selalu berita Jurnal Cakrawala dan terbaru.