34 Provinsi Kumpul di Bogor, Menteri Pemuda dan Olahraga Buka Kegiatan Pemuda Optimalisasi Sampah

34 Provinsi Kumpul di Bogor, Menteri Pemuda dan Olahraga Buka Kegiatan Pemuda Optimalisasi Sampah

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi resmi membuka kegiatan Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih. Mengambil tema, ‘Aksi Pemuda Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2030’, kegiatan berlangsung selama 3 hari kedepan dimulai More »

Penandatanganan MoU Polri dengan BRI, ini Isi Perjanjiannya

Penandatanganan MoU Polri dengan BRI, ini Isi Perjanjiannya

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D Kapolri menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Polri dengan PT. BRI (Persero) Tbk di Ruang Perjamuan Mabes Polri, Selasa, 9 More »

Wisuda 306 Peserta, Kapolri: Wisudawan Akpol Harus Jadi Agent Of Change

Wisuda 306 Peserta, Kapolri: Wisudawan Akpol Harus Jadi Agent Of Change

SEMARANG-JurnalCakrawala.com. Kapolri Jenderal Pol Prof H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D beserta Ketua Umum Bhayangkari, Ny. Tri Tito Karnavian menghadiri Wisuda dan Penutupan Pendidikan Taruna Akademi Kepolisian Tingkat IV Angkatan 50 Batalyon Wicaksana More »

Pangkoarmada I Resmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Pulau Galang

Pangkoarmada I Resmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Pulau Galang

TANJUNGPINANG-JurnalCakrawala.com. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada ) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono,S.E.,M.M., bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Veronica Yudo Margono meresmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut   PT. Jala Mitra Resource More »

Panitia Perpustakaan Nasional RI Kunjungi Perpustakaan Cahaya Ilmu Mekar Baru Tangerang

Panitia Perpustakaan Nasional RI Kunjungi Perpustakaan Cahaya Ilmu Mekar Baru Tangerang

TANGERANG-JurnalCakrawala.com. Tim penilai perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dipimpin Drs. Bambang Supriyo Utomo, M. Lib. bersama Dr. Drs. Bakhtiar, M.Si. beserta rombongan melakukan kunjungan ke perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru Kecamatan More »

 

Perpustakaan Cahaya Ilmu Mekar Baru Tangerang Raih Nominasi 18 Besar di Tingkat Nasional

TANGERANG-JurnalCakrawala.com.

Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru Lolos 18 Besar Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik tingkat Nasional Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, berhasil lolos 18 besar lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Nasional. Desa Mekar Baru merupakan perwakilan dari Provinsi Banten. (Selasa, 25/06/2019.)

Keberhasilan ini diraih setelah mendapat penilaian dari Dewan Juri Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, aspek penilaian perpustakaan menuju 18 besar itu sendiri antara lain berkas kelengkapan administrasi dan buku profil perpustakaan yang sebelumnya telah dikirim melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang ke Dewan Juri di Kantor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru A’ang Junaedi (21) mengungkapkan, instrumen penilaian pengelolaan perpustakaan pada tahap ini meliputi kelengkapan administrasi, sarana tempat, buku dan kerjasama eksternal yang dimuat dalam satu berkas profil Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru yang jumlahnya hampir 700 halaman.

“Semua aspek administrasi tersebut sudah kami lampirkan pada buku profil Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru untuk menjadi bahan penilaian Dewan Juri, profil tersebut kami muat kurang lebih 700 halaman yang sebelumnya sudah disusun oleh pengelola perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru”. Ucapnya.

A’ang menjelaskan pada tahap awal ini panitia dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memang menitikberatkan pada kelengkapan administrasi yang dimuat dalam profil perpustakaan, panitia melakukan penilaian dari kelengkapan administrasi tersebut untuk dipilih menjadi 18 besar dari 34 perwakilan seluruh Provinsi di Indonesia, pada tahap selanjutnya peserta yang lolos 18 besar ini akan dikunjungi oleh tim penilai dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia secara bergilir dalam rentang waktu 30 juni sampai 2 agustus 2019.

Sementara itu Kepala Desa Mekar Baru H. Suhada (32) mengatakan, Program Kerja Perpustakaan Desa Mekar Baru, sudah Ia maksimalkan dengan SDM yang ada, sehingga sampai saat ini menjadi pondasi bagi terselenggaranya kegiatan peningkatan minat baca bukan hanya mencakup wilayah Desa saja melainkan sampai pada tingkat Kecamatan.

Atas keberhasilan tersebut pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan pembinaan sehingga Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru berhasil lolos ke babak 18 besar.

“Keberhasilan ini menjadi motivasi untuk kita agar mampu menciptakan program peningkatan minat baca masyarakat yang jauh lebih baik lagi. Dalam hal menarik minat baca tentu harus dilakukan dengan ekstra keras karena masyarakat cenderung lebih menggunakan IT dari pada buku, namun demikian kami akan tetap menggerakkan jiwa semangat Kami untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui gerakan membaca,” tuturnya. (Nash/abel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oo.. Gak Boleh Copas Bro !! ikuti selalu berita Jurnal Cakrawala dan terbaru.