34 Provinsi Kumpul di Bogor, Menteri Pemuda dan Olahraga Buka Kegiatan Pemuda Optimalisasi Sampah

34 Provinsi Kumpul di Bogor, Menteri Pemuda dan Olahraga Buka Kegiatan Pemuda Optimalisasi Sampah

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi resmi membuka kegiatan Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih. Mengambil tema, ‘Aksi Pemuda Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2030’, kegiatan berlangsung selama 3 hari kedepan dimulai More »

Penandatanganan MoU Polri dengan BRI, ini Isi Perjanjiannya

Penandatanganan MoU Polri dengan BRI, ini Isi Perjanjiannya

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D Kapolri menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Polri dengan PT. BRI (Persero) Tbk di Ruang Perjamuan Mabes Polri, Selasa, 9 More »

Wisuda 306 Peserta, Kapolri: Wisudawan Akpol Harus Jadi Agent Of Change

Wisuda 306 Peserta, Kapolri: Wisudawan Akpol Harus Jadi Agent Of Change

SEMARANG-JurnalCakrawala.com. Kapolri Jenderal Pol Prof H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D beserta Ketua Umum Bhayangkari, Ny. Tri Tito Karnavian menghadiri Wisuda dan Penutupan Pendidikan Taruna Akademi Kepolisian Tingkat IV Angkatan 50 Batalyon Wicaksana More »

Pangkoarmada I Resmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Pulau Galang

Pangkoarmada I Resmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut di Pulau Galang

TANJUNGPINANG-JurnalCakrawala.com. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada ) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono,S.E.,M.M., bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Veronica Yudo Margono meresmikan Pabrik Pengolahan Rumput Laut   PT. Jala Mitra Resource More »

Panitia Perpustakaan Nasional RI Kunjungi Perpustakaan Cahaya Ilmu Mekar Baru Tangerang

Panitia Perpustakaan Nasional RI Kunjungi Perpustakaan Cahaya Ilmu Mekar Baru Tangerang

TANGERANG-JurnalCakrawala.com. Tim penilai perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dipimpin Drs. Bambang Supriyo Utomo, M. Lib. bersama Dr. Drs. Bakhtiar, M.Si. beserta rombongan melakukan kunjungan ke perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru Kecamatan More »

 

Fantastis Dompet Dhuafa Tembus Himpun Dana Rp.96 Milyar, Bukti Semangat Jangan Takut Berbagi

JAKARTA-JurnalCakrawala.com.

Ramadhan 1440 H baru saja berlalu dengan berbagai suka-cita. Euforia tersebut diwarnai dengan giat ibadah yang meningkat, baik yang bersifat vertikal maupun horizontal. Berderma atau berzakat juga menjadi kegiatan yang melekat dengan nuansa Ramadhan. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya transaksi zakat melalui lembaga termasuk salah satunya Dompet Dhuafa. Perkembangan transaksi dengan dunia digital kini cenderung diminati seiring lesatnya dunia ekonomi usaha dan jasa. Sejumlah kanal donasi melalui kanal e-commerce terus mengalami peningkatkan terutama fitur zakat, sehingga kemudahan terus tercipta untuk masyarakat millenial saat ini. Pada Ramadhan 1440 H, Dompet Dhuafa mendapatkan amanah penghimpunan dana zakat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya (Rabu, 12/06).

Menurut drg. Imam Rulyawan MARS, selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, “tahun 2019 ini dengan mengusung tema Jangan Takut Berbagi, dan menjelang usia ke 26 tahun Dompet Dhuafa, kinerja penghimpunan Dompet Dhuafa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Hingga hari terakhir Ramadhan 1440 H, tercatat tidak kurang dari Rp. 96 Milyar donasi yang terhimpun melalui berbagai kanal donasi Dompet Dhuafa.”

“Dengan jumlah Penerima Manfaat yang terdata sebanyak 350.000 jiwa merasakan manfaat berkahnya Ramadhan kali ini. Ini merupakan kebaikan dalam mengidentifikasi sosialisasi pengetahuan tentang zakat dan ajakan dalam membangun kesadaran kesejahteraan untuk sesama di bulan Ramadhan”, sambung Imam.

Di usia ke-26, Dompet Dhuafa berkomitmen menunjukkan sebuah pola pengelolaan zakat yang holistik memberantas kemiskinan berdasarkan masalah paling mendasar. Di Ramadhan 1440 H, selain program pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pengembangan sosial, Dompet Dhuafa juga menjalankan beberapa program intensif seperti sosialisasi zakat, layanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, dan juga respon bencana. Event sosialisasi bergulir melalui kerjasama dengan berbagai e-commerce dalam bentuk fitur pembayaran donasi dan zakat, mal-mal mitra Dompet Dhuafa, dan menggandeng para endorser, public figure yang bukan hanya menghibur, tapi juga mampu mengajak masyarakat untuk berzakat dan berbagi.

Sementara untuk pemenuhan kebutuhan dasar para mustahik, Dompet Dhuafa kembali melakukan distribusi Parsel Ramadhan dan Tebar Zakat Fitrah ke seluruh penjuru Indonesia. Di Indonesia, sebaran zakat dan parsel Ramadhan menyasar daerah-daerah marjinal yang masih belum banyak tersentuh dunia luar bahkan di daerah terdampak bencana beberapa waktu lalu seperti Banten, Palu dan Lombok. Selain itu, keberkahan parsel para donatur di Indonesia juga bergulir ke negara-negara yang kini dalam kondisi konflik seperti Rohingya, Bosnia, dan Filipina.

“Tentu menjadi harapan terbesar kami, agar keinginan dan kepercayaan masyarakat untuk berzakat melalui lembaga filantropi meningkat tidak hanya saat Ramadhan, dan di era perkembangan dunia digital sekarang, peningkatan transaksi zakat dan donasi berbasis platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak DANA, OVO, Shopee, Blibli.com, Lazada, Blanja.com, Duniahalal.com, Bawaberkah.org hingga Elevenia sangat potensial sehingga semakin banyak mustahik dapat terbantu. Namun di hari-hari biasa, masyarakat juga memiliki kesadaran yang sama untuk menyalurkan zakat dan donasinya,” tutup Imam.

Dengan terbangunnya kesadaran untuk berzakat, berinfak, bersedekah maupun berwakaf yang telah dimulai di bulan suci, dan telah menjadi kesadaran keseharian. Bukan tak mungkin nyala semangat #JanganTakutBerbagi, perlahan akan mengikis benteng-benteng kemiskinan yang membelenggu saudara sesama. Mari terus tanamkan semangat
#JanganTakutBerbagi untuk menjadikan bangsa yang lebih berdaya.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 25 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
(Red/Bani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oo.. Gak Boleh Copas Bro !! ikuti selalu berita Jurnal Cakrawala dan terbaru.