12 Modus Indikasi Korupsi Dana Desa, ini Diantaranya

12 Modus Indikasi Korupsi Dana Desa, ini Diantaranya

JAKARTA, Ironi penyalahgunaan dana untuk pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana, penyalahgunaan wewenang bakal selalu kemungkinan terjadi karena ada kesempatan yang terbuka. Dana Desa misalnya, berbagai modus korupsi dana desa ini sesungguhnya bisa More »

Fantastis Dompet Dhuafa Tembus Himpun Dana Rp.96 Milyar, Bukti Semangat Jangan Takut Berbagi

Fantastis Dompet Dhuafa Tembus Himpun Dana Rp.96 Milyar, Bukti Semangat Jangan Takut Berbagi

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Ramadhan 1440 H baru saja berlalu dengan berbagai suka-cita. Euforia tersebut diwarnai dengan giat ibadah yang meningkat, baik yang bersifat vertikal maupun horizontal. Berderma atau berzakat juga menjadi kegiatan yang melekat More »

PANNA, IWO dan MPB Inisiasi Bukber Bareng 1000 Yatim dan Dhuafa di Gedung Tegar Beriman Bogor

PANNA, IWO dan MPB Inisiasi Bukber Bareng 1000 Yatim dan Dhuafa di Gedung Tegar Beriman Bogor

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Wajah polos dan ceria terpancar dari 1000 anak yatim dan Dhuafa saat Buka Puasa Bersama 1000 anak Yatim dan Dhuafa di Bulan Ramadhan 1440 Hijriah yang diinisiasi oleh DPD Panna Kabupaten More »

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi Tinjau Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019

BATAM-JurnalCakrawala.com. Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dalam rangka peninjauan kesiapan angkutan lebaran tahun 2019 di Batam bertempat di Pelabuhan Batu Ampar More »

Kominfo RI Himbau Masyarakat Bijak Bermedsos, Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

Kominfo RI Himbau Masyarakat Bijak Bermedsos, Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Menyikapi maraknya peredaran konten negatif terkait dengan aksi unjuk rasa pada Rabu, 22 Mei 2019, berupa video aksi kekerasan, kerusuhan hingga hoaks video lama yang diberikan narasi baru berisi ujaran kebencian, More »

 

Membangun Karakter Remaja Muslim Melalui Pendekatan Potensi Genetik BKDI BP Batam

BATAM-JurnalCakrawala.com.

Guna menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an pada generasi muda, Badan pengusahaan Batam melalui Badan Koodinasi Dakwah Islam (BKDI) BP BATAM mengadakan pelatihan pembinaan karakter bagi remaja muslim dengan pendekatan potensi genetik di Gedung IT Center BP Batam lantai 1 pada Minggu (19/5). Pelatihan ini diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari SD dan SMP yang didampingi orang tua.

Jaka Pramana mewakili BKDI BP Batam mengatakan kegiatan tersebut merupakan pelatihan guna membangun karakter remaja muslim berbasis pada Al-Quran yang unggul, beriman dan berkepribadian baik.

“Pendidikan karakter penting diajarkan kepada anak remaja agar menjadi seseorang yang berakhlak mulia. Dalam sejarah Islam, Rasulullah SAW juga menegaskan bahwa misi utamanya dalam mendidik manusia adalah untuk mengupayakan pembentukan karakter yang baik” Ujar Jaka.

Trainer STIFIn (Sensing Thinking Intuiting Feeling dan Insting), Ma Hadi selaku narasumber memberikan pemaparan mengenai ragam perilaku sekaligus karakter sesuai akidah islam dan menjelaskan cara menghafal Al-Quran dengan baik dan benar.

“Sebagian umat Islam menganggap menghafal Al-Quran dengan cepat dan mudah mungkin sulit dilakukan. Memang menghafal Al-Quran bukan pekerjaan mudah. Jika tidak pandai memanfaatkan waktu, maka apa pun cara menghafal Al-Quran yang dilakukan hanya berakhir menjadi keinginan belaka” Ungkapnya.

Adapun beberapa cara menghafal al-quran dengan baik dan cepat adalah dengan meluruaskan niat ikhlas karena Allah, menanam keyakinan bahwa menghafal Alquran sangat mudah, memperbaiki bacaan agar terhindar dari kekeliruan dan terakhir hafalkan satu persatu ayat diulangi secara tartil.

Menurut penuturannya, Pendidikan karakter yang baik juga memerlukan tiga komponen yaitu pengetahuan tentang moral (moral knowing), penguatan emosi (moral feeling), perbuatan bermoral (moral action).

Pendidikan karakter di era milenial sangat penting bagi remaja dari derasnya arus informasi. Apabila pendidikan karakter jauh dari akidah islam dan tidak berhubungan dengan Allah, maka dikhawatirkan anak tersebut akan memiliki sifat kefasikan, penyimpangan, kesesatan, dan kekafiran” Ungkap Hadi

Oleh karena itu, ia sangat mengapresiasi terselenggaranya pelatihan ini “sebagai sarana untuk remaja mempermudah dalam menghapal al-quran dan pengetahuan mengenai karakter yang baik yang dapat diterapkan di lingkungan sehari-hari”. Rangkaian pelatihan tersebut ditutup dengan buka puasa bersama. (Red/andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oo.. Gak Boleh Copas Bro !! ikuti selalu berita Jurnal Cakrawala dan terbaru.