Menteri Yasonna Laoly Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Bogor

Menteri Yasonna Laoly Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Bogor

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Menteri Hukum dan Ham Yasonna H Laoly hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Bogor sekaligus penyerahan sertifikat Hak Cipta dan Hak Paten Ditjen KI More »

Sukses Gaet Pegatron, BP Batam Diundang dalam 7th Singapore-Indonesia Six Bilateral Economic Working Groups

Sukses Gaet Pegatron, BP Batam Diundang dalam 7th Singapore-Indonesia Six Bilateral Economic Working Groups

BATAM-JurnalCakrawala.com. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Co-chairs Joint Working Group Batam, Bintan dan Karimun (BBK) di Singapura pada tanggal 10 Juli 2019 yang lalu, BP Batam yang diwakili oleh Dendi Gustinandar, Direktur More »

21 Kg Sabu asal Malaysia Diamankan Tim Gabungan F1QR Koarmada I Masuk Indonesia

21 Kg Sabu asal Malaysia Diamankan Tim Gabungan F1QR Koarmada I Masuk Indonesia

TANJUNG BALAI-JurnalCakrawala.com. Tim Gabungan Fleet One Quick Response (F1QR) Unit F1QR Lanal Tanjung Balai Karimun berhasil menggagalkan penyelundupan Narkotika jenis sabu-sabu seberat 21 Kg di Perairan Karimun Anak Tanjung Balai Karimun Sabtu More »

Danlantamal IV Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan di PSDKP Batam

Danlantamal IV Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan di PSDKP Batam

BATAM-JurnalCakrawala.com. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal IV) Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., mendampingi Menteri Kalautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam konferensi pers tentang Kronologis penangkapan dan proses More »

34 Provinsi Kumpul di Bogor, Menteri Pemuda dan Olahraga Buka Kegiatan Pemuda Optimalisasi Sampah

34 Provinsi Kumpul di Bogor, Menteri Pemuda dan Olahraga Buka Kegiatan Pemuda Optimalisasi Sampah

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi resmi membuka kegiatan Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih. Mengambil tema, ‘Aksi Pemuda Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2030’, kegiatan berlangsung selama 3 hari kedepan dimulai More »

 

Andi Kusuma Tanggapi Aturan Baru Kawasan Bebas Bea Cukai di Kepri

BATAM-JurnalCakrawala.com.

Pemberlakuan peraturan baru yaitu Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 120 tahun 2017 tentang Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan yang telah ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan Pembebasan Cukai.

Dimana dalam peraturan tersebut terdapat perubahan aturan mengenai barang kiriman yang kemudian dilengkapi oleh PMK 182 Tahun 2016, Pengeluaran Barang Kiriman dari Kawasan Bebas menuju TLDDP .

Bea Cukai Batam Terapkan Aplikasi CEISA untuk Permudah Proses Pengiriman Barang lewat Ekspedisi, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam akhirnya mengiplementasikan aplikasi Customs and Excise Information System and Automation (CEISA) untuk barang kiriman yang dititipkan melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau ekspedisi, hal ini memudahkan petugas BC dalam meneliti dokumen atas barang kiriman, memudahkan petugas BC dalam melakukan pemeriksaan barang kiriman dan mempercepat arus layanan kepabeanan atas barang kiriman.

Uji coba penerapan sistem aplikasi CEISA PJT sejak 1 Januari 2019. Untuk piloting (uji coba) bagi beberapa perusahaan dilakukan pada 14 Januari 2019 dan selanjutnya mandatory system (wajib) CEISA PJT pada Jumat 1 Februari 2019.

Sistem yang dikembangkan pada CEISA TPB ini adalah sebagai berikut:
Modul TPB (untuk Pengusaha TPB / PPJK) , BC 23 – BC1.6 (PLB), BC 25 – PPB (PLB), BC 261 – PPK (PLB), BC 262, BC 27, BC 40, BC 41, Modul BC 28 – PLB (untuk importir / PPJK), Portal Pengguna Jasa, Inhouse Sistem TPB ( Tempat Penimbunan Berikat ).

Hal yang baru di Sistem CEISA TPB adalah penyederhanaan proses bisnis, penyederhanaan arsitektur sistem untuk mempermudah penyelesaian masalah, aktivasi modul melalui portal pengguna jasa, pengiriman data melalui internet, pengecekan status dan respon melalui portal pengguna jasa, penerbitan respon kode Billing melalui modul Integrasi dengan perijinan online, penerapan gate nandiri, dan Integrasi dengan internal system perusahaan.

Dalam hal ini, Ketua Dewan Presidium Federasi NGO 369 Kepri, Andi Kusuma SH.M.kn menanggapi bahwa, kendala yang dialami oleh perusahaan jasa pengiriman saat ini adalah syarat-syarat serta dokumen yang belum dapat diberikan ijin oleh Bea dan Cukai.

“Salah satu contoh yaitu proses pelabelan dari PJT yang belum memenuhi syarat dan ketentuan oleh Bea dan Cukai dan proses pengiriman data-data ke system aplikasi CEISA PJT,” kata Andi Kusuma, Selasa (12/02/2019).

“Yang diperlukan saat ini adalah pelatihan serta training kepada seluruh PJT agar dapat menjalankan program CEISA dengan baik dan benar,” ujarnya.

“Adanya penumpukan barang yang terjadi disebabkan PJT masih banyak yang belum mampu untuk menjalankan proses CEISA yang telah diberlakukan dan penggunaan fasilitas TPS yang telah ada dan sudah memberikan pelayanan secara online kepada PJT,” jelas Andi Kusuma. (Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oo.. Gak Boleh Copas Bro !! ikuti selalu berita Jurnal Cakrawala dan terbaru.