Bangun Citra Kejaksaan RI, ini Inovasi Cara Setia Untung Raih Penghargaan

Bangun Citra Kejaksaan RI, ini Inovasi Cara Setia Untung Raih Penghargaan

DEPOK-JurnalCakrawala.com. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi punya cerita tersendiri dalam perjalanan karirnya sebagai seorang jaksa dalam berinovasi meningkatkan citra Kejaksaan. Dia bercerita saat menjabat Kepala More »

Terkait Bagasi Berbayar, Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) Gugat Menteri Perhubungan, Lion, Wings dan Citilink

Terkait Bagasi Berbayar, Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) Gugat Menteri Perhubungan, Lion, Wings dan Citilink

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) mengajukan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum terhadap Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub) , Lion Air, Wings Air dan Citilink. Gugatan yang terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan More »

Anggota DPR RI Komisi VII Hadiri Diseminasi Iptek LIPI di Desa Tonjong Bogor

Anggota DPR RI Komisi VII Hadiri Diseminasi Iptek LIPI di Desa Tonjong Bogor

KAB.BOGOR-JurnalCakrawala.com Diseminasi Iptek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI di Desa Tonjong Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor dihadiri oleh anggota Dewan Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Drs. KH Nawafie Saleh, SE, MM, More »

Kejaksaan Luncurkan Website PJI, Ketum PJI: Bangun Kesatuan Tangkal Hoax

Kejaksaan Luncurkan Website PJI, Ketum PJI: Bangun Kesatuan Tangkal Hoax

Jakarta-JurnalCakrawala.com. Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) meluncurkan aplikasi website pji.kejaksaan.go.id sebagai sarana layanan pengaduan dan berita informasi tentang kejaksaan dan pelayanan penanganan proses penegakkan hukum serta menangkal berita hoax dengan memberikan informasi positif More »

Badiklat Kejaksaan RI akan Jalin Kerjasama Hukum dengan Amerika

Badiklat Kejaksaan RI akan Jalin Kerjasama Hukum dengan Amerika

Jakarta-JurnalCakrawala.com. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, menyambut kedatangan pihak perwakilan dari US Department of Justice, Office of Overseas Prosecutorial Development, Asistence, and Training (USDOJ- OPDAT) More »

 

Andi Kusuma Tanggapi Aturan Baru Kawasan Bebas Bea Cukai di Kepri

BATAM-JurnalCakrawala.com.

Pemberlakuan peraturan baru yaitu Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 120 tahun 2017 tentang Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari Kawasan yang telah ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan Pembebasan Cukai.

Dimana dalam peraturan tersebut terdapat perubahan aturan mengenai barang kiriman yang kemudian dilengkapi oleh PMK 182 Tahun 2016, Pengeluaran Barang Kiriman dari Kawasan Bebas menuju TLDDP .

Bea Cukai Batam Terapkan Aplikasi CEISA untuk Permudah Proses Pengiriman Barang lewat Ekspedisi, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam akhirnya mengiplementasikan aplikasi Customs and Excise Information System and Automation (CEISA) untuk barang kiriman yang dititipkan melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau ekspedisi, hal ini memudahkan petugas BC dalam meneliti dokumen atas barang kiriman, memudahkan petugas BC dalam melakukan pemeriksaan barang kiriman dan mempercepat arus layanan kepabeanan atas barang kiriman.

Uji coba penerapan sistem aplikasi CEISA PJT sejak 1 Januari 2019. Untuk piloting (uji coba) bagi beberapa perusahaan dilakukan pada 14 Januari 2019 dan selanjutnya mandatory system (wajib) CEISA PJT pada Jumat 1 Februari 2019.

Sistem yang dikembangkan pada CEISA TPB ini adalah sebagai berikut:
Modul TPB (untuk Pengusaha TPB / PPJK) , BC 23 – BC1.6 (PLB), BC 25 – PPB (PLB), BC 261 – PPK (PLB), BC 262, BC 27, BC 40, BC 41, Modul BC 28 – PLB (untuk importir / PPJK), Portal Pengguna Jasa, Inhouse Sistem TPB ( Tempat Penimbunan Berikat ).

Hal yang baru di Sistem CEISA TPB adalah penyederhanaan proses bisnis, penyederhanaan arsitektur sistem untuk mempermudah penyelesaian masalah, aktivasi modul melalui portal pengguna jasa, pengiriman data melalui internet, pengecekan status dan respon melalui portal pengguna jasa, penerbitan respon kode Billing melalui modul Integrasi dengan perijinan online, penerapan gate nandiri, dan Integrasi dengan internal system perusahaan.

Dalam hal ini, Ketua Dewan Presidium Federasi NGO 369 Kepri, Andi Kusuma SH.M.kn menanggapi bahwa, kendala yang dialami oleh perusahaan jasa pengiriman saat ini adalah syarat-syarat serta dokumen yang belum dapat diberikan ijin oleh Bea dan Cukai.

“Salah satu contoh yaitu proses pelabelan dari PJT yang belum memenuhi syarat dan ketentuan oleh Bea dan Cukai dan proses pengiriman data-data ke system aplikasi CEISA PJT,” kata Andi Kusuma, Selasa (12/02/2019).

“Yang diperlukan saat ini adalah pelatihan serta training kepada seluruh PJT agar dapat menjalankan program CEISA dengan baik dan benar,” ujarnya.

“Adanya penumpukan barang yang terjadi disebabkan PJT masih banyak yang belum mampu untuk menjalankan proses CEISA yang telah diberlakukan dan penggunaan fasilitas TPS yang telah ada dan sudah memberikan pelayanan secara online kepada PJT,” jelas Andi Kusuma. (Andri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *