Kominfo RI Himbau Masyarakat Bijak Bermedsos, Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

Kominfo RI Himbau Masyarakat Bijak Bermedsos, Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Menyikapi maraknya peredaran konten negatif terkait dengan aksi unjuk rasa pada Rabu, 22 Mei 2019, berupa video aksi kekerasan, kerusuhan hingga hoaks video lama yang diberikan narasi baru berisi ujaran kebencian, More »

Teroris Ditangkap di Nanggewer Bogor, Terduga Jaringan ISIS

Teroris Ditangkap di Nanggewer Bogor, Terduga Jaringan ISIS

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Densus 88 Mabes Polri dibackup oleh Polres Bogor melakukan penindakan penangkapan dan penggeledahan di rumah tersangka terorisme yang bertempat di Jalan nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jum’at, 17 Mei 2019. Penangkapan More »

KNPI: Jangan Terprovokasi, Ajak Semua Elemen Rakyat Indonesia Jaga Situasi Tetap Aman

KNPI: Jangan Terprovokasi, Ajak Semua Elemen Rakyat Indonesia Jaga Situasi Tetap Aman

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Wakil Ketua Umum DPP KNPI Lisman Hasibuan mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia dan Pemuda agar menjaga situasi tetap aman dan damai menyambut keputusan KPU nantinya 22 Mei 2019. Lanjutnya, siapapun pemenangnya More »

Ulama, Habaib se-Jabodetabek Berkumpul Ingatkan Jaga Persatuan, Tolak Polarisasi Umat

Ulama, Habaib se-Jabodetabek Berkumpul Ingatkan Jaga Persatuan, Tolak Polarisasi Umat

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Para Ulama, habaib se-Jabotabek mengajak masyarakat untuk bersatu kembali dan tidak terbelah atau terpolarisasi antar kelompok kekuatan, jelang penghitungan suara Pilpres dan Pileg pada 22 Mei 2019 mendatang. KH. Muhyidin Ishaq More »

Safari Ramadhan Panglima TNI dan Kapolri di Skadron 11 Lanud Hassanudin

Safari Ramadhan Panglima TNI dan Kapolri di Skadron 11 Lanud Hassanudin

MAKASSAR-JurnalCakrawala.com. Memasuki Ramadhan ke-6 Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D melaksanakan safari Ramadhan di Skadron 11 Lanud Hassanudin Makassar, Sabtu (11/05/2019). More »

 

Dana Dekonsentrasi Turun, Kejaksaan RI Lakukan Pengawalan Dana Transmigrasi dan Desa

JAKARTA-JurnalCakrawala.com.

Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Bidang Intelijen (Jamintel) terus mengawal penerimaan dana Dekonsentrasi dan Pembantuan bidang transmigrasi tahun 2019 sejumlah 100 satuan kerja dibawah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT dan Transmigrasi).

“Sebagai institusi penegak hukum Kejaksaan mengawal dana Transmigrasi kepada penerima dana dekonsentrasi dibawah Kemendes PDT dan Transmigrasi untuk 100 satuan kerja,” ujar Direktur B Sosial Budaya dan Kemasyarakatan pada Jamintel Yusuf dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Ditekankan dia, pengawalan dana dekonsentrasi untuk transmigrasi itu dilakukan, sebagai perwujudan Tindak lanjut dari kerjasama atau MoU antara Jaksa Agung HM Prasetyo dengan Mentri Desa dan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Serta perjanjian kerja sama antara JAM Intelijen dengan Sekretaris Jendral Kemendes PDT dan Transmigrasi.

“Dengan kerjasama itu, akan dilakukan penguatan sinergitas antara Kejaksaan dan Kemendes PDT dan Transmigrasi dengan Kementerian/Lembaga terkait dalam rangka terwujudnya pembangunan nasional melalui pembangunan desa dan transmigrasi seduai dengan Nawa Cita,” papar Yusuf.

Karenanya lanjut mantan Wakil Kepala Kejati Kalimantan Timur itu menekankan dengan diturunkannya anggaran tahun 2019 itu direktorat kejaksaan dibawah komandonya segera melakukan pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan kemasyarakatan transmigrasi.

“Tugas dan fungsi Direktorat B di bidang pengamanan pembangunan nasional karena itu kejaksaan harus mampu terlibat guna menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan sesuai penjelasan umum UU No 16 Tahun 2004,” ucap dia.

Sekedar diketahui bahwa Dekonsentrasi merupakan pelimpahan wewenang dari Pemerintah kepada Gubernur. Untuk mendukung pelaksanaan dekonsentrasi dananya berasal dari APBN yang dilaksanakan oleh Gubernur yang mencakup semua penerimaan dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan desentralisasi, tidak termasuk dana yang dialokasikan untuk instansi vertikal pusat di daerah.

“Penguatan sinergi Kejaksaan RI dengan Kemendes PDT dan Transmigrasi, untuk pendistribusian , pemanfaatan dan Walpam Dana Desa dan Transmigrasi tahun 2019,” ungkapnya.

Sebelumnya Direktur B, mengatakan bahwa dana desa senilai Rp73 triliun pada tahun 2019 akan diwujudkan untuk 74.957 desa se Indonesia.

“Nantinya kita (Direktur B) segera lakukan pangawalan terhadap pendistribusian dan pemanfaatan dana desa agar berjalan tepat sasaran,” ucap Yusuf.

Dia menekankan bahwa pengawalan tersebut dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi Direktur B yakni pemberdayaan masyarakat Desa dalam rangka mendukung program pemerintah.

“Jadi kejaksaan siap mengawal pelaksanaan dana desa. Ini sebagai bagian program Jamintelijen Kejagung yakni Jaga Desa. Karenanya kita komitmen mendukung pencapaian priotas daerah dalam melaksanakan penggunaan dana desa,” tandasnya. (Red/edw-iwo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *