Kominfo RI Himbau Masyarakat Bijak Bermedsos, Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

Kominfo RI Himbau Masyarakat Bijak Bermedsos, Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Menyikapi maraknya peredaran konten negatif terkait dengan aksi unjuk rasa pada Rabu, 22 Mei 2019, berupa video aksi kekerasan, kerusuhan hingga hoaks video lama yang diberikan narasi baru berisi ujaran kebencian, More »

Teroris Ditangkap di Nanggewer Bogor, Terduga Jaringan ISIS

Teroris Ditangkap di Nanggewer Bogor, Terduga Jaringan ISIS

BOGOR-JurnalCakrawala.com. Densus 88 Mabes Polri dibackup oleh Polres Bogor melakukan penindakan penangkapan dan penggeledahan di rumah tersangka terorisme yang bertempat di Jalan nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jum’at, 17 Mei 2019. Penangkapan More »

KNPI: Jangan Terprovokasi, Ajak Semua Elemen Rakyat Indonesia Jaga Situasi Tetap Aman

KNPI: Jangan Terprovokasi, Ajak Semua Elemen Rakyat Indonesia Jaga Situasi Tetap Aman

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Wakil Ketua Umum DPP KNPI Lisman Hasibuan mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia dan Pemuda agar menjaga situasi tetap aman dan damai menyambut keputusan KPU nantinya 22 Mei 2019. Lanjutnya, siapapun pemenangnya More »

Ulama, Habaib se-Jabodetabek Berkumpul Ingatkan Jaga Persatuan, Tolak Polarisasi Umat

Ulama, Habaib se-Jabodetabek Berkumpul Ingatkan Jaga Persatuan, Tolak Polarisasi Umat

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Para Ulama, habaib se-Jabotabek mengajak masyarakat untuk bersatu kembali dan tidak terbelah atau terpolarisasi antar kelompok kekuatan, jelang penghitungan suara Pilpres dan Pileg pada 22 Mei 2019 mendatang. KH. Muhyidin Ishaq More »

Safari Ramadhan Panglima TNI dan Kapolri di Skadron 11 Lanud Hassanudin

Safari Ramadhan Panglima TNI dan Kapolri di Skadron 11 Lanud Hassanudin

MAKASSAR-JurnalCakrawala.com. Memasuki Ramadhan ke-6 Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D melaksanakan safari Ramadhan di Skadron 11 Lanud Hassanudin Makassar, Sabtu (11/05/2019). More »

 

Tumbuhkan Virus Literasi, TBM Cahaya Ilmu MKB Gelar Buku di Acara Bulan Bahasa

TANGERANG-JurnalCakrawala.com.

Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Komunitas Literasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Cahaya Ilmu Mekar Baru menggelar Lapak Baca Buku Gratis di sekolah SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang Mauk, dalam rangka turut memeriahkan acara lomba Debat, Karya Cipta Puisi dan Stand Up Comedy tingkat Kabupaten Tangerang. Kamis, (18/10/2018) .

Ketua TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru Kusni (23) mengatakan lapak Baca Buku Gratis itu merupakan program rutin mingguan untuk menyasar anak-anak, para pelajar, bahkan seluruh lapisan masyarakat lainnya.

Tujuan gerakan membaca tersebut adalah untuk menyebarkan virus membaca di tengah masyarakat Kabupaten Tangerang, yang kurang berminat akan tradisi membaca dan kali ini kita bekerja sama dengan SMK 5 Kabupaten Tangerang untuk menggelar Lapak Baca Buku Gratis.

“Tujuan kami untuk meningkatkan budaya membaca di masyarakat. Karena kebanyakan siswa menggunakan waktu istirahatnya hanya untuk bermain, dengan kehadiran lapak baca buku gratis ini bisa menjadi alternatif bagi mereka menggunakan waktu istirahatnya untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan buku bacaan yang kami sediakan”. ujar Kusni, Kamis (18/10/2018).

Bertepatan dengan event bulan bahasa yang digelar di SMK 5 Kabupaten Tangerang ini TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru menyediakan ragam buku bacaan menarik bebas dibaca yakni buku-buku pelajaran, pengetahuan umum, komik, keagamaan, ilmu sosial, politik, novel remaja, dan masih banyak lainnya.

Sementara itu A’ang Junaedi (21) selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran teman-teman pegiat Literasi dari TBM Cahaya Ilmu Mekar Baru yang memang memberikan warna baru di sekolah kami.

Dengan kehadiran Lapak Baca Buku Gratis ini, para siswa bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang sesuatu hal yang tak mereka temui di sekolah, saya kira hal-hal seperti ini sangat urgen sekali kita galakkan di Masyarakat, dengan tangan-tangan sastra, kita genggam dunia. Ungkapnya.

A’ang Junaedi berharap dengan hadirnya lapak baca tersebut budaya membaca kian menjadi kebiasaan sehingga masyarakat umum tidak lagi tertipu oleh informasi hoax yang beredar di dunia maya.

“Semoga masyarakat khususnya kaum pelajar di Kabupaten Tangerang menyadari pada zaman seperti ini penting membudayakan membaca. Apabila banyak membaca bisa membedakan informasi yang diterima. Berjalannya waktu bisa menjadi masyarakat yang kritis ketika rajin membaca,” katanya. (Nash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *