Quick Qount Pemilu 2019, Jokowi-Amin Masih Unggul Sementara

Quick Qount Pemilu 2019, Jokowi-Amin Masih Unggul Sementara

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sementara unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count delapan lembaga atas Pilpres 2019, Rabu sore (17/4/2019). Berikut rangkuman hasil quick count More »

Event AIM 2019, BP Batam Promosikan Batam di Dubai World Trade Centre

Event AIM 2019, BP Batam Promosikan Batam di Dubai World Trade Centre

BATAM-JurnalCakrawala.com. Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) hadir dalam kegiatan Annual Investment Meeting (AIM) 2019 dengan tema Mapping the Future of FDI: Enriching World Economies Through Digital Globalization yang dibuka oleh Menteri Pembangunan More »

Gagasan Trie Utami, Kepala BPIP Ngariung Bareng Komunitas Band Metal Bandung

Gagasan Trie Utami, Kepala BPIP Ngariung Bareng Komunitas Band Metal Bandung

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Prof Hariyono, Ngariung bareng komunitas Band Musik Heavy Metal Bandung, di salah satu resto di kawasan Jalan Flores Bandung, More »

FKJI Kepri Gelar Diskusi Jelang Pemilu, SMN: Jurnalis Berperan Sukseskan Pemilu Serentak

FKJI Kepri Gelar Diskusi Jelang Pemilu, SMN: Jurnalis Berperan Sukseskan Pemilu Serentak

BATAM-JurnalCakrawala.com. Forum Komunikasi Jurnalis Indonesia (FKJI) Kepri, untuk yang ke dua kalinya menggelar pertemuan dengan tokoh Pers, yang juga anggota DPRD Provinsi Kepri, Surya Makmur Nasution (SMN), hanya pertemuan pada hari Sabtu More »

Hasil Rakernas IWO di Depok Disepakati Menjadi Konstituen Dewan Pers

Hasil Rakernas IWO di Depok Disepakati Menjadi Konstituen Dewan Pers

DEPOK-JurnalCakrawala.com. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online (IWO) secara resmi digelar di Shakinah Village, Kota Depok, Senin (11/3/2019). Tercatat sebanyak 150 pengurus dan anggota IWO dari seluruh Indonesia turut hadir dalam More »

 

Inovasi Online dan SMS Gateway Percepat Pelayanan Kepemilikan Dokumen Kependudukan di Kabupaten Bogor

KAB.BOGOR-JurnalCakrawala.com.

Pemenuhan hak – hak sipil dan kewarganegaraan penduduk merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan administrasi kependudukan. Hal ini menjadi perhatian penuh dari Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hal ini sekaligus sarana untuk pemutakhiran data kependudukan, dalam rangka tersedianya data kependudukan yang valid.

Seiring dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor melaksanakan beberapa program kegiatan dengan memprioritaskan pendekatan pelayanan kepada masyarakat, melalui beberapa pelayanan utama kepada seluruh Penduduk Kabupaten Bogor yang berjumlah 4.527.891 jiwa (Data Semester 1 2018 Kemendagri), khususnya yang terkait dengan percepatan perekaman KTP Elektronik sebagai persiapan pemilihan umum serentak tahun 2019, penuntasan target pemenuhan kepemilikan akta kelahiran anak di Kabupaten Bogor sebanyak 1.437.807 jiwa, penyelesaian target perekaman dan penerbitan KTP Elektronik dari jumlah wajib KTP sebanyak 3.237.080 jiwa.

Beberapa hasil kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini sampai dengan triwulan ke 3 (tiga) sebagaimana dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :
1. Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran baik melalui loket dinas dan ke Kelurahan /Desa dengan sistem one day service atau satu hari jadi sebanyak 157.000 Akta.

Foto pelaksanaan kegiatan pelayanan akta kelahiran langsung, 2018
2. Penerbitan Akta Perkawinan dan Perceraian non muslim melalui pelayanan pencatatan perkawinan pada kantor dinas dilaksanakan sebanyak 1.008 Akta
3. Penerbitan Kartu Keluarga Penduduk Kecamatan sebanyak 346.624 KK
4. Perekaman KTP Elektronik baik pada kantor dinas ataupun kecamatan melalui pelayanan statis dan mobile. sebanyak 182.958 jiwa.

Foto pelaksanaan kegiatan pelayanan langsung Rekam KTP El bagi penduduk sakit darurat dan Persiapan e-voting Pilkades, 2018
5. Penerbitan Surat Keterangan Pindah Datang migrasi penduduk baik yang masuk ataupun keluar Daerah antar Kabupaten maupun Provinsi sebanyak 48.147 Dokumen.
6. Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) bagi Warga Negara Asing pemegang KITAS Sebanyak 864 Dok
Selain itu, terdapat beberapa kegiatan sebagai pendukung dari pelayanan administrasi kependudukan yaitu :
1. Penataan arsip akta catatan sipil melalui digitalisasi arsip akta catatan sipil sebanyak 92.627 Akta
2. Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan langsung ke Kelurahan / Desa, serta dialog interaktif melalui radio.


Foto pelaksanaan sosialisasi pelayanan kependudukan Disduk Kab Bogor, 2018.
3. Pelaksanaan Pendataan Penduduk Non Permanen (Pendatang) dalam rangka tertib administrasi kependudukan di 3 (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Ciawi, Kecamatan Jonggol, dan Kecamatan Klapanunggal.

Foto pelaksanaan kerjasama Pendataan Penduduk Non Permanen (Pendatang) Kab Bogor, 2018.


Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan khususnya akta kelahiran, setelah menyediakan fasilitas pelayanan online SEMANGAT (Servis Efisien Melalui Adminduk oNline Gratis Akurat dan Terintegrasi) dengan melakukan pendaftaran melalui alamat website kami di http://semangat.bogorkab.go.id, kini Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan fasilitas pendukung untuk registrasi antrian akta kelahiran melalui aplikasi SMS Gateway dimana masyarakat dapat mengatur tanggal kedatangan untuk mendaftar ke loket Dinas hanya melalui pesan singkat dalam Handphone. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *