Bangun Citra Kejaksaan RI, ini Inovasi Cara Setia Untung Raih Penghargaan

Bangun Citra Kejaksaan RI, ini Inovasi Cara Setia Untung Raih Penghargaan

DEPOK-JurnalCakrawala.com. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi punya cerita tersendiri dalam perjalanan karirnya sebagai seorang jaksa dalam berinovasi meningkatkan citra Kejaksaan. Dia bercerita saat menjabat Kepala More »

Terkait Bagasi Berbayar, Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) Gugat Menteri Perhubungan, Lion, Wings dan Citilink

Terkait Bagasi Berbayar, Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) Gugat Menteri Perhubungan, Lion, Wings dan Citilink

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) mengajukan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum terhadap Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub) , Lion Air, Wings Air dan Citilink. Gugatan yang terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan More »

Anggota DPR RI Komisi VII Hadiri Diseminasi Iptek LIPI di Desa Tonjong Bogor

Anggota DPR RI Komisi VII Hadiri Diseminasi Iptek LIPI di Desa Tonjong Bogor

KAB.BOGOR-JurnalCakrawala.com Diseminasi Iptek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI di Desa Tonjong Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor dihadiri oleh anggota Dewan Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Drs. KH Nawafie Saleh, SE, MM, More »

Kejaksaan Luncurkan Website PJI, Ketum PJI: Bangun Kesatuan Tangkal Hoax

Kejaksaan Luncurkan Website PJI, Ketum PJI: Bangun Kesatuan Tangkal Hoax

Jakarta-JurnalCakrawala.com. Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) meluncurkan aplikasi website pji.kejaksaan.go.id sebagai sarana layanan pengaduan dan berita informasi tentang kejaksaan dan pelayanan penanganan proses penegakkan hukum serta menangkal berita hoax dengan memberikan informasi positif More »

Badiklat Kejaksaan RI akan Jalin Kerjasama Hukum dengan Amerika

Badiklat Kejaksaan RI akan Jalin Kerjasama Hukum dengan Amerika

Jakarta-JurnalCakrawala.com. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, menyambut kedatangan pihak perwakilan dari US Department of Justice, Office of Overseas Prosecutorial Development, Asistence, and Training (USDOJ- OPDAT) More »

 

Reskrim Polres Bogor Bekuk Pelaku Kasus Pengoplosan Gas LPG di Cileungsi

BOGOR–JurnalCakrawala.com.

Sat Reskrim Polres Bogor adakan Konferensi Pers pengungkapan kasus Pengoplosan gas LPG dari tabung LPG 3 kg (bersubsidi) ke dalam tabung gas LPG 12 Kg serta 50 kg (non subsidi) yang terjadi di Kampung Garapan Babakan, Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Modus Operandi yaitu Pelaku Usaha melakukan kegiatan memindahkan / menyuntikan gas LPG dari tabung LPG 3 Kg (bersubsidi) ke dalam tabung gas LPG 12 Kg serta 50 kg (non subsidi) dengan mempergunakan alat berupa pipa besi yang dipungsikan sebagai regulator.

“Selanjutnya gas LPG 12 kg dan 50 kg yang merupakan hasil dari kegiatan penyuntikan tersebut dipasarkan ke toko dan warung disekitaran wilayah Cileungsi dan Bekasi,” demikian disampaikan Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch. Dicky saat konferensi pers dengan awak media di Mako Polres Bogor, Rabu (5/9/2018).

Adapun pelaku sebanyak 3 orang berinisial MP (42) tahun, warga Cileungsi, ED (28) tahun, warga Periuk Tangerang dan HR (37) tahun, warga Cileungsi beserta barang bukti yang diamankan berupa: 4 unit mobil pick up, 550 buah tabung gas LPG 3 kg. (Isi), 200 buah tabung gas LPG 3 kg. (kosong), 70 buah tabung gas LPG 12 kg. (kosong), 12 buah tabung gas LPG 50 kg (kosong), 11 buah tabung gas LPG 50 kg. (isi), 29 buah pipa besi yang difungsikan sebagai regulator dan 1 buah bok yang berisikan segel tabung gas LPG serta 1 buah timbangan.

Kronologis kejadian, menurut keterangan Kapolres Bogor, pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2018 lalu, berdasarkan hasil penyilidikan Sat Reskrim Polres Bogor tentang adanya indikasi kegiatan memindahkan atau penyuntikan gas LPG yang terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.

“Kemudian Sat Reskrim Polres Bogor mendatangi sebuah tempat berupa bangunan yang berlokasi di Kampung Garapan Babakan Desa Dayeuh Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor dimana sedang berlangsungnya kegiatan penyuntikan gas LPG yakni memindahkan isi tabung gas ukuran 3 Kg bersubidi ke dalam tabung gas ukuran 12 Kg dan 50 Kg Non Subsidi dengan menggunakan alat berupa pipa besi untuk mengalirkan/mengantarkan/memindahkan isi dari gas LPG tersebut,” paparnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Beni Cahyadi, SH menerangkan, dari kasus ini menimbulkan kerugian bagi masyarakat pengguna gas dikarenakan secara takaran pastinya sudah berkurang, baik dari segi kuantitas maupun kualitas meski harga sesuai dengan pasar.

“Untuk itu disarankan kepada masyarakat khususnya para konsumen gas agar dapat membeli gas ditempat-tempat yang notebene nya sudah dilegalkan,” ujar Kasat Reskrim.

Lebih lanjut, Kasat Reskrim mengatakan, dari kasus ini, kedepan kita akan koordinasikan dengan Hiswana Migas karena memang dalam wadah mereka dan akan kita check legalitas perizinannya termasuk secara yuridis teknis dalam pengoperasian mulai dari pendistribusian sampai pengoperasian.

“Masyarakat dihimbau mohon lebih aktif memberikan informasi apabila ada indikasi pengoplosan dan lebih kritis apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan khususnya terkait masalah gas,” pungkas AKP Beni Cahyadi, SH.

Para pelaku ditangkap saat sedang melakukan kegiatan penyuntikan gas LPG. Kemudian guna proses pemeriksaan lebih lanjut, para pelaku berikut barang bukti diamankan dan bawa ke Polres Bogor.

Pelaku dikenakan Pasal 62 Ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) hurup b dan c UU RI No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, dan/atau Pasal 32 Ayat (2) Jo Pasal 30 UU RI No 2 Tahun 1981 Tentang Metrologi legal, dengan ancaman pidana kurungan maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp. 2 Milyar Rupiah.(Red/lkt/sumber: Humas Polres Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *