Bangun Citra Kejaksaan RI, ini Inovasi Cara Setia Untung Raih Penghargaan

Bangun Citra Kejaksaan RI, ini Inovasi Cara Setia Untung Raih Penghargaan

DEPOK-JurnalCakrawala.com. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi punya cerita tersendiri dalam perjalanan karirnya sebagai seorang jaksa dalam berinovasi meningkatkan citra Kejaksaan. Dia bercerita saat menjabat Kepala More »

Terkait Bagasi Berbayar, Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) Gugat Menteri Perhubungan, Lion, Wings dan Citilink

Terkait Bagasi Berbayar, Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) Gugat Menteri Perhubungan, Lion, Wings dan Citilink

JAKARTA-JurnalCakrawala.com. Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) mengajukan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum terhadap Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub) , Lion Air, Wings Air dan Citilink. Gugatan yang terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan More »

Anggota DPR RI Komisi VII Hadiri Diseminasi Iptek LIPI di Desa Tonjong Bogor

Anggota DPR RI Komisi VII Hadiri Diseminasi Iptek LIPI di Desa Tonjong Bogor

KAB.BOGOR-JurnalCakrawala.com Diseminasi Iptek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI di Desa Tonjong Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor dihadiri oleh anggota Dewan Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Drs. KH Nawafie Saleh, SE, MM, More »

Kejaksaan Luncurkan Website PJI, Ketum PJI: Bangun Kesatuan Tangkal Hoax

Kejaksaan Luncurkan Website PJI, Ketum PJI: Bangun Kesatuan Tangkal Hoax

Jakarta-JurnalCakrawala.com. Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) meluncurkan aplikasi website pji.kejaksaan.go.id sebagai sarana layanan pengaduan dan berita informasi tentang kejaksaan dan pelayanan penanganan proses penegakkan hukum serta menangkal berita hoax dengan memberikan informasi positif More »

Badiklat Kejaksaan RI akan Jalin Kerjasama Hukum dengan Amerika

Badiklat Kejaksaan RI akan Jalin Kerjasama Hukum dengan Amerika

Jakarta-JurnalCakrawala.com. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kaban Diklat) Kejaksaan RI, Setia Untung Arimuladi, menyambut kedatangan pihak perwakilan dari US Department of Justice, Office of Overseas Prosecutorial Development, Asistence, and Training (USDOJ- OPDAT) More »

 

Puskesmas Banjarsari dengan Dinas Terkait Tangani ODGJ Wujud Kepedulian Sosial

KAB.BOGOR-JurnalCakrawala.com.

Puskesmas Banjarsari bekerjasama dengan Psikiater RSMM, Dokter PPDS Universitas Pajajaran dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor serta RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor menggelar Penyuluhan, Pemeriksaan dan Pengobatan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ) di Aula Puskesmas Banjarsari Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Kamis (19/07) pukul 09.00 WIB – selesai.

Untuk pemeriksaan dan pengobatan ODGJ dilakukan oleh Dr.Lahargo Kembaren, SpKJ (Psikiater RSMM), penyuluhan kesehatan jiwa oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM. (Promotor Keswa RSMM) dan Okupasi Terapi oleh Edi (Instruktur Rehabilitasi RSMM) serta melibatkan Dokter PPDS Universitas Pajajaran.

Pada kesempatan ini pihak Puskesmas menghimbau kepada para Warga sekitar wilayah kerja Puskesmas Banjarsari Ciawi agar menghadiri dan membawa ODGJ supaya dapat pemeriksaan secara gratis, selain untuk pemeriksaan juga mendapatkan bekal keterampilan bagi ODGJ. Para ODGJ ini dilibatkan dalam cara pembuatan Telor Asin.

Iyep Yudiana, SKM.MKM memaparkan serta menjelaskan kepada Pendamping Minum Obat (PMO) bahwa, “ODGJ harus rutin minum obat karena percuma kalau datang ke RS atau Puskesmas apabila obat tidak diminum, bagi ODGJ yang sudah minum obat harus ada pendamping atau orang terdekat Pasien yang menyiapkan saat minum obat, selanjutnya kontrol, karena Pasien apabila tidak kontrol maka tidak bisa di monitor dan di evaluasi, selain itu perlu komunikasi yang baik agar Pasien komunikasinya dapat berkembang sehingga apa yg diinginkan bisa tersampaikan, melakukan aktifitas fisik dan sosial dengan dimulai dengan melakukan aktifitas sederhana seperti nyapu, ngepel, cuci piring dan lain – lain, apabila ODGJ sudah bisa aktifitas dirmah lakukan diluar rumah, bekali dengan keterampilan sehingga nantinya bisa mandiri dan bisa dihargai masyarakat”.

“Saya minta kepada seluruh Masyarakat agar memperlakukan ODGJ sama dengan yang lain, Stop pasung karena itu melanggar UU kesehatan dan hak asasi manusia, stop stigma negatif terhadap ODGJ karena akan mnghambat pengobatan dan saya juga minta agar pihak keluarga agar jangan ragu membawa ODGJ ke Puskesmas atau RS karena pasien ODGJ bisa sembuh seperti halnya penyakit lain, RS Marjuki Mahdi siap menampung ODGJ gratis asalkan mempunyai BPJS non bayar atau mandiri, SKTM, atau Jamkesda”, pungkasnya. (Dewi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *